Polisi Tangkap 2 Kapal Asing Asal Vietnam, 1 ABK Terjun ke Laut

Rabu 29 Mar 2017, 19:06 WIB

Polisi Tangkap 2 Kapal Asing Asal Vietnam, 1 ABK Terjun ke Laut

Bartanius Dony – detikNews

Jakarta – Kapal Patroli Antasena Polda Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau menangkap dua kapal ikan asing berbendera Vietnam yang melakukan illegal fishing di perairan Natuna. Saat penangkapan, satu ABK terjun ke laut dan belum ditemukan.

Berdasarkan laporan yang diterima detikcom, pada Rabu (29/3/2017), Pejabat Korpolairud Baharkam Polri Kompol Sherly Anggraini mengatakan kapal vietnam dengan nomor BD 9317 TS ditangkap pada Senin (27/3) pukul 13.00 WIB dengan jumlah ABK lima orang.

Kapal ini mengangkut sebanyak 300 kilogram ikan dari berbagai jenis. Kapal pertama yang ditangkap ini dinakhodai oleh Pham Chi Tam (WN Vietnam).

Dua jam kemudian, sekitar pukul 15.00 WIB, Polairud kembali menangkap satu kapal ilegal dengan nomor BD 93581 TS. Tidak disebutkan berapa banyak ikan yang diangkut oleh kapal ini. Nahkoda kapal ini bernama Le Dinh Chieu (WN Vietnam).

Saat ditangkap Le Dinh Chieu melompat dari kapal dan belum ditemukan.

“Pukul 21. 00 WIB dilaporkan oleh tim kawal, satu ABK vietnam lompat ke laut dan pada saat itu cuaca buruk, kapal tangkapan posisi digandeng dikarenakan mesinnya mati dan sebagian ABK ditaruh di KP Antasena,” kata Sherly dalam keterangannya.

Telah dilakukan usaha pencarian, namun karena terkendala cuaca buruk, korban belum diketahui nasibnya.

“Dilaksanakan pencarian akan tetapi terkendala oleh cuaca, korban tidak diketemukan sehingga kami melanjutkan pengawalan ke Tarempah dan dilaporkan bahwa yang hilang adalah nakhoda BD 93581 TS,” jelas Sherly.

https://news.detik.com/berita/d-3459699/polisi-tangkap-2-kapal-asing-asal-vietnam-1-abk-terjun-ke-laut