Polair Kawal Penyelamatan KM. Mutiara Sentosa I

Sabtu, 04 Feb 2017

Gerry – PID Ditpolair Baharkam Polri

Jakarta – KM Mutiara Sentosa I terombang-ambing di perairan Madura dan tak bisa melanjutkanpelayaran karena kehabisan bahan bakar.

Selain kehabisan bahan bakar, stok makanan dan air minum pun telah habis serta ada 180 penumpang di kapal tersebut.

Sinyal SOS yang dikirimkan oleh kapal tersebut direspon cepat oleh Polair, Kasirendal Ops Ditpolair Baharkam Polri AKBP Azhari Juanda , SIK memberangkatkan KP.PIPIT – 3003 pukul 20.15 WIB yang tengah bertugas di Perairan Surakarta ke koordinat terakhir KM.Mutiara Sentosa I untuk melakukan upaya penyelamatan.

Tiba di lokasi pada pukul 00.45 WIB Namun dikarenakan cuaca buruk dan Ombak besar KP.PIPIT – 3003 tidak dapat merapat ke KM.Mutiara Sentosa I .

Kemudian KP.Pipit – 3003 berkoordinasi dengan TB. Kresna 315 dan TB.Restu Utama yang kemudian tiba dilokasi, selanjutnya KM.Mutiara Sentosa I ditarik oleh kedua kapal tunda tersebut dengan dikawal oleh KP.Pipit -3003 menuju karang jamuang untuk melakukan pengisian bahan bakar pada pukul 09.30 WIB.

Pada pukul 10.00 WIB KP.Pipit- 3003 merapat ke KM.Mutiara Sentosa I dan mengirimkan 2 personil untuk melakukan pengamanan diatas kapal dengan membawa bahan makanan berupa mie instan dan biskuit untuk para penumpang.

KM.Mutiara Sentosa I berhasil sandar pada pukul 13.45 WIB di Jamrud Utara Pelabuhan Tg. Perak Surabaya bersama dengan seluruh penumpang yang langsung diberi makanan dan minuman serta dilakukan pemeriksaan kesehataan oleh petugas kesehatan pelabuhan.

Sumber : PID Ditpolair Baharkam Polri