Illegal Fishing, Polair Polda Sulteng Amankan Tiga Kapal

September 28, 2016

Donggala, Metrosulawesi.com – Direktorat Kepolisian Perairan Polda Sulawesi Tengah mengamankan tiga kapal yang melakukan illegal fishing di dua wilayah berbeda.

Dua kapal ditangkap saat melakukan illegal fishing di wilayah perairan Morowali. Polisi juga menangkap dua nahkoda kapal tersebut.

Sedangkan satu kapal lainnya ditangkap di Kabupaten Buol. Sayangnya, saat penangkapan nahkoda berhasil kabur. Dari penangkapan dua kapal di Morowali pada 22 September 2016 dan satu kapal di Buol, polisi menyita ikan hasil tangkapan hampir tiga ton.

Direktur Polisi Perairan Polda Sulawesi Tengah Komisaris Besar Fauzi Bhakti mengungkapkan, dua kapal yang ditangkap di Morowali selain pelanggaran karena melakukan aktivitas illegal fishing, pelaku juga melakukan pelanggaran karena membawa kedua kapal tidak dilengkapi dokumen pelayaran resmi.

Terkait hal itu, pihaknya sudah melayangkan surat panggilan kepada pemilik kapal tersebut. Sementara kapal yang ditangkap di wilayah Kabupaten Buol, nelayan kapal tersebut berhasil kabur.

Fauzi Bhakti mengatakan, penangkapan ini adalah hasil operasi yang dilakukan tim Polair Polda Sulawesi Tengah di dua lokasi yang menjadi target yakni perairan Kabupaten Buol dan Morowali.

Menurutnya, aktivitas penangkapan ikan secara ilegal atau illegal fishing di kedua daerah ini memang cukup marak selama beberapa bulan terakhir ini.

Tim khusus satuan polisi perairan Polda Sulteng pun berhasil mengintai dan menyergap para pelaku illegal fishing. Adapun pemilik kapal yang berhasil kabur di Kabupaten Buol, kini berhasil diidentifikasi.

“Yah, kita sudah identifikasi pelaku dan mudah-mudahan segera tertangkap. Pelaku adalah warga lokal,’’ ungkap Fauzi Bhakti kepada wartawan di Markas Polair Polda Sulteng Selasa 27 September 2016.

Mantan Direktur Polair Polda Gorontalo ini menyebutkan dengan terungkapnya tiga kasus illegal fishing maka pihaknya sudah melebihi target yang sebelumnya ditargetkan dua kasus. Meski sudah melebihi target, namun ia akan terus melakukan pengungkapan kasus serupa yang diduga marak di sejumlah kabupaten di Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan sudah mengidentifikasi sejumlah wilayah perairan kabupaten lainnya yang marak aktivitas illegal fishing.

“Kita sudah kantongi lokasinya dan akan melakukan penindakan serupa,” ungkapnya.

Adapun dua nahkoda kapal kini diamankan di Markas Polair Polda Sulawesi Tengah untuk menjalani pemeriksaan lanjut. Demikian halnya kapal dan ikan yang diamankan kini dalam perjalanan laut menuju pelabuhan Polair untuk dijadikan barang bukti.
Editor : Syamsu Rizal

Sumber: http://www.metrosulawesi.com/article/illegal-fishing-polair-polda-sulteng-amankan-tiga-kapal
Editor's choice