Asyik Berlayar, 2 Kapal Karimunjawa Ditangkap Polisi Air Jepara

Penulis:   /  @ 15:44:38  /  20/01/2016

MuriaNewsCom, Jepara – Dua kapal jenis jhonson yakni KM Terima Kasih dan KM Barokah diamankan aparat kepolisian dari Polair Jepara. Keduanya diamankan karena tidak dapat menunjukkan surat maupun dokumen-dokumen berlayar.

Kasat Polair Polres Jepara AKP Samai menjelaskan, pihaknya mengamankan dua kapal yang diketahui tidak memiliki dokumen berlayar yang lengkap. Kedua kapal langsung digiring sampai di daratan Jepara, dan diproses lebih lanjut.

“Kami menangkapnya di perairan antara Jepara dengan Karimunjawa saat kami melakukan patroli. Keduanya merupakan kapal asal Karimunjawa yang hendak ke daratan Jepara,” kata Samai kepada MuriaNewsCom, Rabu (20/1/2016).

Menurut dia, kedua kapal tersebut merupakan kapal angkut barang. Saat ditangkap, di dalam kapal terdapat sejumlah kelapa. Masing-masing kapal ada dua sampai empat orang yang kemudian dimintai keterangan.

“Mereka tidak membawa surat sebagaimana dalam pasal 323 ayat 1 UU pelayaran no. 17 tahun 2008 tentang pelayaran,” ungkapnya.

Dia menambahkan, surat yang tidak dibawa adalah izin berlayar dari syahbandar. Sebab, seperti yang diketahui, setiap kali mau berlayar semua kapal memang harus mendapatkan izin layaknya kendaraan pada umumnya. Hal itu untuk kepentingan keselamatan. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)

Sumber: http://www.murianews.com

Editor's choice